Enter your keyword

post

STRATEGI PENINGKATAN PROFESI AKADEMIK DOSEN DI LINGKUNGAN LEMBAGA LAYANAN PENDIDIKAN TINGGI WILAYAH II

Pangkalan Baru Rabu, 02 Desember 2020 Prof. Yuliansyah yang merupakan Kepala LLDIKTI Wilayah II menjadi narasumber di kampus Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung. Pada kegiatan yang bertema “Strategi Peningkatan Profesi Akademik Dosen di Lingkungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah II”. Kegiatan ini dihadiri oleh jajaran Pimpinan Badan Pembina Harian (BPH) dan sejumlah dosen-dosen dari perguruan tinggi swasta di Provinsi Bangka Belitung. Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Rektor Unmuh Babel, Bapak Fadilah Sabri. Rektor UNMUH Babel menyampaikan bahwa kedatangan kepala lldikti wilayah II ke kampus Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung adalah suatu bentuk kehormatan yang mana hal ini juga dapat mewujudkan kinerja dosen baik di kampus unmuh babel maupun kampus swasta lainnya yang ada di Bangka Belitung. Beliau juga  menyebutkan bahwa ada 3R yang penting dipegang dan menjadi tuntunan dalam hidup ini yaitu Care, Fair dan Sharing. Ketiga hal ini penting untuk kita tanamkan dalam diri kita jika menjadi seorang pendidik.

Sementara itu dalam orasi ilmiahnya Prof. Yuliansyah yang selalu memberikan arahan, dukungan untuk para dosen di Provinsi Bangka Belitung. Beliau mengatakan dalam forum diskusi ini berkaitan dengan status dan kinarja sebagai dosen di perguruan tinggi. Beliau mengatakan bahwasanya jangan menjadi dosen rasa guru, karena pada umumnya dosen itu tugasnya lebih banyak melakukan penelitian dibanding mengajar. Jika dosen bisa menulis jurnal dan artikel lebih banyak juga akan menunjang profesi dan karir sebagai dosen.

Profesi sebagai dosen memang sebagai pendidik, namun dalam perguruan tinggi tugas dosen sepenuhnya bukan hanya mengajar melainkan meneliti dan melakukan berbagai pengabdian ke masyarakat-masyarakat. Beliau juga mengungkapkan bahwasanya dosen-dosen yang masih S2 untuk melanjutkan pendidikan ke S3 hal ini juga berguna untuk menunjang akreditasi Perguruan Tinggi.

Prof. Yuliansyah menyebutkan, pihak LLDIKTI juga akan mengadakan kerjasama dengan perguruan tinggi untuk program penyelenggaraan studi lebih lanjut bagi dosen, yang mana tahun depan LLDIKTI juga akan bekerjasama dengan universitas di luar negeri khusunya Malaysia. “Sehingga dosen-dosen PTS  yang di wilayah sumbagsel, nanti akan bisa melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi yang diinginkan, mengingat dosen-dosen  yang selama ini ingin melanjutkan pendidikan di luar wilayahnya mereka sedikit mengalami kesulitan baik dari materi dan biayanya”.

No Comments

Add your review

Your email address will not be published.