Enter your keyword

post

KEGIATAN MEMBATIK PGSD PERKULIAHAN KETERAMPILAN (SENI KRIYA) SEMESTER 7 KELAS A

KEGIATAN MEMBATIK PGSD PERKULIAHAN KETERAMPILAN (SENI KRIYA) SEMESTER 7 KELAS A

Kegiatan membatik ini dilakukan oleh mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar di Gedung Babel Kampus Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung. Indonesia memiliki kebanggan sendiri salah satunya yaitu berupa Batik yang merupakan warisan budaya yang sudah diakui Dunia. Batik Indonesia sangat dikagumi oleh masyarakat Indonesia, juga masyarakat luar negeri. Mereka mengetahui bagaimana rumitnya membuat Batik, bagaimana banyaknya motif Batik yang indah dan mempunyai ciri khas Indonesia. Khususnya ciri khas dari kain batik Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Seperti yang dilakukan mahasiswa PGSD Semester 7  ini, cukup rumit untuk membuat desain dan mengukir batik yang ada dikain akan tetapi dibalik kerumitan tersebut akan muncul suatu keindahan yang hasilnya bisa dipajang. Untuk membuat desain batik ini mereka menggunakan alat yang dinamakan canting, lalu didalam canting tersebut diisikan oleh lilin yang dipanasakan hingga mencair agar bisa  diukir ke kain. Kegiatan membatik ini merupakan perkuliahan dari Keterampilan Seni Kriya.

Pada kegiatan membatik ini juga diharapkan untuk calon-calon pendidik nantinya bisa menerapkan pada anak di sekolah dasar. Karena pada umumnya seorang guru di SD juga harus menemukan inovasi-inovasi. Selain daripada mengajar juga harus kreatif dalam seni contohnya seperti pengelolaan kelas yang baik apalagi untuk di kelas rendah. Dengan pengelolaan kelas yang baik pula pembelajaran akan lebih menarik dan semangat belajar siswa menjadi aktif. Semoga materi membatik ini dapat memberi pengetahuan dan  wawasan, yang lebih luas bagi calon generasi-generasi bangsa khususnya calon pendidik dari prodi PGSD unmuh babel.

No Comments

Add your review

Your email address will not be published.